Sabtu, 17 Agustus 2013

MAKNA DAN ARTI LAMBANG SATUAN PURNA SINGA CITRA

Logo Satuan Purna Singa Citra (SPSC)

  1. Bentuk lingkaran luar dengan tulisan SATUAN PURNA SINGA CITRA, menggambarkan identitas organisasi alumni/purna ambalan Adipati Singacala dan Citraresmi sebagai organisasi yang bersahabat, yang merangkul dan menghimpun aspirasi dari setiap anggotanya demi kemajuan organisasi pramuka di SMA Negeri 1 Kawali.
  2. Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati, melambangkan bahwa sesama anggota organisasi Satuan Purna Singa Citra memiliki hubungan persahabatan dan persaudaraan yang kuat yang tidak dapat terhalang oleh ruang dan waktu.
  3. Gambar silhouette tunas kelapa merupakan lambang gerakan pramuka yang dipadukan dengan bentuk kujang yang merupakan senjata khas masyarakat sunda, mengkiaskan bahwa organisasi Satuan Purna Singa Citra adalah organisasi Pramuka yang anggotanya merupakan masyarakat sunda alumni/purna Ambalan Adipati Singacala dan Citraresmi yang berasal dari wilayah Jawa Barat. Kujang juga merupakan pusaka dari Ambalan Adipati Singacala, organisasi pramuka anggota putera Satuan Purna Singa Citra.
  4. Golok merupakan senjata masyarakat sunda yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Golok juga merupakan pusaka dari Ambalan Citraresmi, organisasi pramuka dari anggota puteri Satuan Purna Singa Citra.
  5. Bintang melambangkan Ketuhanan dan cita-cita luhur.
  6. Tulisan Pakena Kereta Bener Pakeun Na Juritan, yang selanjutnya disebut amsal Satuan Purna Singa Citra merupakan kalimat dari prasasti 2 Astana Gede Kawali, mengandung makna membiasakan diri berbuat kesejahteraan sejati agar tetap unggul dalam perang.
  7. Warna:
  • Merah mengandung makna keberanian dan perjuangan 
  • Hitam mengandung makna kekuatan 
  • Kuning mengandung makna kemakmuran, harapan dan keceriaan.
  • Putih mengandung makna kemurnian dan kesucian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar